Kamis, 05 April 2012

Game tingkatkan Imajinasi anak

ANAK laki-laki dan perempuan yang bermain video game cenderung lebih kreatif. Terlepas dari apakah permainan video game itu mengandung kekerasan atau tanpa kekerasan. Menurut penelitian terbaru dari University of Michigan, Amerika Serikat, game sebenarnya bisa meningkatkan imajinasi anak jauh lebih tinggi. Penelitian ini bertujuan mengukur tingkat kreativitas anak dalam menilai efek dari game yang berhubungan dengan perkembangan anak. Penelitian yang melibatkan 500 anak berusia 12 tahun itu mengungkapkan, semakin sering anak bermain video game, tingkat kreativitas mereka dalam mengerjakan tugas, seperti menggambar dan menulis cerita akan jauh lebih baik dibandingkan dengan mereka yang jarang bermain video game.

Namun, perkembangan kreativitas anak tidak sepenuhnya dipengaruhi game yang dimainkan. Akan tetapi, dipengaruhi penggunaan teknologi yang ditawarkan ke dalam seluler, internet atau komputer. Demikian seperti dikutip Daily Mail, Minggu (6/11).

Peneliti utama Linda Jackson mengatakan, penelitian ini menjadi bukti pertama untuk membangun hubungan antara penggunaan teknologi dan kreativitas. Ke depan hasil ini mungkin bisa menjadi motivasi desainer game dalam membuat video game yang memiliki efek kreatif.

"Setelah anak-anak berhasil melakukannya, pengembang video game diharapkan dapat merancang permainan yang lebih optimal dalam pengembangan kreativitas. Namun, dengan tetap mempertahankan nilai hiburan. Mungkin generasi terbaru video game dapat menyamarkan perbedaan antara pendidikan dan hiburan," ujar Jackson.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar